• Awesome Image

Tentang Kami


Desa Wisata Samiran terletak di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali yaitu merupakan salah satu Desa Wisata yang berada di kaki Gunung Merapi dan Merbabu. Udara yang sejuk, kehidupan masyarakatnya yang ramah, seni tradisi yang masih tetap dipertahankan dan pertanian yang berkembang menjadikan desa ini sebagai desa wisata unggulan di daerah Selo, boyolali.

Desa Wisata Samiran hadir dengan konsep Community Based Tourism Development (Pengembangan Pariwisata Berbasis Kemasyarakatan) dimana masyarakat terlibat aktif secara langsung dalam mengelola pariwisata di desanya. Nuansa gotong royong yang masih kental, semakin memperkaya potensi wisata pedesaan dengan karakter pegunungan yang menawarkan udara yang sejuk, alami serta kearifan lokal yang kuat.Di Desa Wisaata Samiran hingga saat ini memiliki 60 kelompok kesenian tradisional, kesenian-kesenian inilah yang akan menjadi suguhan perdana jika Anda berwisata ke desa ini. Ada Jelantur, Reog dan Topeng ireng akan menyambut kedatangan para wisatawan yang selanjutnya disuguhi berbagai macam menu kuliner tradisional seperti Jadah, Tempe Bacem, Susu Murni khas Boyolali dan lain-lain.

Adapun Tata letak Desa samiran adalah sebagai berikut :

Dengan kekayaan alam yang indah dan kaya akan destinasi wisata, kami masyarakat desa samiran, selo, boyolali dengan bangga menawarkan fasilitas HOMESTAY / Penginapan yang kami namakan dengan “HOMESTAY MERAPI”, dengan harga yang terjangkau dan fasilitas yang lengkap kami hadir untuk memberikan kenyamanan tempat menginap dan pengalaman yang menarik dengan dipandu oleh lokal guide asli desa setempat, kami jamin para wisatawan akan merasa nyaman, senang dan penuh pengalaman tinggal di HOMESTAY kami.

Kami juga memiliki Kafe dan warung yang menyediakan cendramata / oleh-oleh yang bisa dibawa pulang khas pegunungan dan kerajinan desa, yang kami berinama dengan Waroeng Damandiri



Adapun kegiatan masyarakat sekitar tempat tinggal kami, HOMESTAY MERAPI :

1. PERTANIAN





2. PASAR TRADISIONAL



Untuk Makanan Tradisional kami di sekitar HOMESTAY MERAPI, kami banyak menyediakan makanan tradisonal diantaranya :



1. JADDAH


2. WAJIK


3. SEGO PECEL


4. NASI EMPAL DAGING SAPI SRUNDENG (BERCAMPUR KELAPA DIMASAK MANIS)


5. SOTO DAGING, BERGEDEL, SATE HATI AYAM DIBALUT TELUR


Selain itu kami akan rekomendasikan pariwisata yang tidak jauh dari homestay kami, berikut adalah
daftar destinasi wisata yang perlu dikunjungsi selagi ada di desa samiran, selo, boyolali :



1. NEW SELO

New Selo adalah icon desa selo dengan keindahan pemandangan alam sekitar dijamin para wistawan dapat menikmati alam yang sejuk dengan pemandangan yang indah dari ketinggian desa selo.

2. GANCIK HILLTOP

Gancik Hilltop, adalah tempat hangout yang paling keren dengan keindahan pemandangan alam sekitar dijamin para wistawan dapat menikmati alam yang sejuk dengan pemandangan yang indah dari ketinggiannya.

3. GOA RAJA

Di salah satu bukit menuju Gunung Merbabu, terdapat sebuah obyek wisata berbentuk gua. Gua ini dinamakan GOA RAJA karena pada masa kerajaan, Raja dan Ratu Kasunanan Surakarta sering melakukan meditasi (nyepi) di tempat ini. Sebelum terjadi longsor, di dalamnya terdapat sebuah gua yang panjang. Dari cerita rakyat, disebutkan bahwa ujung gua ini berada di Kecamatan Tuntang, Salatiga.
Saat ini, kondisi gua sudah seperti dinding batuan yang selalu lembab. Di tempat ini, pengunjung akan merasa tenang dan damai tak terganggu keramaian karena tempat ini memang digunakan untuk melakukan meditasi.

4. POS PENGAMATAN MERAPI - POS PENGAMATAN UGA

Secara fungsinya, pos ini digunakan untuk mengamati aktifitas vulkanik dari Gunung Merapi. Namun, karena lokasinya yang berada di ketinggian, tempat ini sering dijadikan sebagai tempat wisata oleh para pengunjung Desa Samiran. Dengan kondisi berada di puncak bukit, pengunjung dapat menikmati panorama alam yang indah dari seluruh wilayah di Kecamatan Selo tanpa batas. Semua dapat terlihat dengan jelas dari Pos Pengamatan Uga, mulai dari Gunung Merapi, tegalan (kebun warga) di kaki gunung, perumahan penduduk, hingga detail-detail Desa Samiran.
Selain pemandangan alam yang indah, kondisi udara di atas Pos Pengamatan Uga ini relatif lebih hangat dibanding kondisi udara di sebagian besar Desa Samiran. Aliran angin berhembus tanpa henti dari dan ke arah Gunung Merbabu maupun Gunung Merapi. Angin inilah yang menyebabkan udara menjadi lebih sejuk ataupun hangat.

5. KEBO KANIGORO

Kebo Kanigoro adalah sebuah pemakaman kuno yang penduduk setempat sendiri tidak ingat tentang seluk-beluk sejarahnya. Disebutkan bahwa tempat ini adalah pemakaman dari para leluhur Desa Samiran.
Di kompleks Kebo Kanigoro terdapat sebuah bangunan menyerupai rumah yang di dalamnya terdapat dua makam. Sedangkan di sisi lain, pengunjung akan disuguhi pemandangan berupa taman dengan pepohonan yang rindang dan menjulang besar, juga terdapat rentetan bambu. Kondisi udara di dalam kompleks ini tergolong hangat dan sangat nyaman di kulit.

6. AIR TERJUN KEDUNG KAYANG

Air terjun kedung kayang adalah objek wisata Boyolali paling terkenal dan menjadi favorit wisatawan yang datang liburan ke Boyolali. Air terjun ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa, pemandangan sekitarnya masih alami dan asri. Air terjun ini berada diantara dua Gunung yaitu Merbabu dan Merapi. Air terjun ini menjadi ‘rebutan’ antara Kabupaten Magelang dan Boyolali, karena lokasinya yang berada diantara Desa Wonolelo, kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang dan Desa Klakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali.

Air terjun ini berjarak:
1) Dari Kabupaten Magelang : 30 km
2) Dari Kabupaten Boyolali : 30 km
3) Dari Yogyakarta : 55 km

Harga tiket masuk per orang sebesar Rp 2.500, didalam kawasan wisata kedung kayang juga terdapat tempat istirahat bagi pengunjung.Pengunjung dapat menikmati pemandangan sungai alami dengan air yang cukup jernih, selain itu pengunjung dapat bermain air di bawah air terjun.

7. PEMANGDANGAN GUNUNG MERAPI

Letusan Merapi Oktober 2010 meninggalkan keindahan pemandangan Alam yang mengagumkan. Letusan terdahsyat Merapi terjadi pada tanggal 5 November dengan pemecahan rekor luncuran awan panas hingga tembus 15KM. Tanggal 7 November, salah satu jalan alternatif untuk mencapai gunung merapi adalah melalui kecamatan Selo, Boyolali.


8. TREKKING GUNUNG MERAPI

Anda suka mendaki? Boyolali juga menjadi tempat favorit untuk mendaki, gunung merapi bisa anda jadikan sebagai trek untuk mendaki.

Jalur pendakian Merapi ada tiga yakni jalur via Selo, jalur via Babadan dan jalur Kineharjo. Namun sejak erupsi 2010 dua jalur lain yakni Babadan dan Kineharjo sudah tidak dipakai lagi. Untuk jalur Babadan jalannya sudah tidak ada dan kini hanya dipakai sebagai Pos Pemantauan saja. Sedangkan untuk jalur Kineharjo treknya sangat ekstrim sehingga sulit untuk dilalui. Nah, sekarang hanya menyisakan jalur pendakian Selo.

Selo adalah desa di kabupaten Boyolali. Untuk mencapai ke sana kita bisa melalui jalur Muntilan atau Boyolali. Untuk menuju Selo caranya gampang. Jika dari Yogyakarta tujulah ke pasar Muntilan dari sana ambil arah kanan. Jika dari Boyolali kita bisa berenti di terminal Boyolali lalu ke arah Cepogo lalu Selo. Jika dari arah Semarang kita bisa menuju pasar Ampel lalu menuju Cepogo dan Selo. Nah, masing-masing perjalanan memerlukan waktu berbeda-beda. Tips transportasi: cari tahu dahulu jalur secara garis besarnya, atau kemana yang pertama harus kita tuju. Di jalan jangan sungkan untuk tanya kepada orang. Kalau ada GPS atau google maps ya tentunya bisa dimanfaatkan.

9. TREKKING GUNUNG MERBABU

Anda suka mendaki? Boyolali juga menjadi tempat favorit untuk mendaki, gunung merbabu bisa anda jadikan sebagai trek untuk mendaki.

Pecinta alam menjadikan gunung Merbabu sebagai objek pendakian, meskipun memang Gunung Merbabu sendiri berada diantara kabupaten Boyolali, Magelang, serta Kota Salatiga. Salah satu jalur pendakian ke gunung ini adalah melalui jalur Selo di Boyolali.

Berdasarkan pengalaman dari para pendaki, jalur Selo adalah yang paling mengesankan karna memiliki pemandangan paling indah. Jika melakukan pendakian dari jalur Selo kita akan melewati beberapa padang sabana luas yang dipenuhi oleh bunga edelweis.

10. CANDI LAWANG

Objek wisata Boyolali yang menawarkan pesona sejarah salah satunya adalah Candi Lawang. Boyolali memiliki banyak peninggalan sejarah masa lampau, terutama peninggalan parawali.

Candi ini merupakan peninggalan Hindu abad ke-9 yang menghadap ke arah Barat. Di sekeliling candi tidak ditemukan arca maupun relief. Yang ada hanya batu berornamen. Sekitar candi tersebar bebatuan yang belum disusun.

Candi lawang terletak di Dusun Gedangan, Kec. Cepogo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Dari Jogja menuju kota Boyolali bisa ditempuh selama 1,5 jam menggunakan sepeda motor. Rute yang paling singkat adalah Jogja-Klaten-Boyolali tanpa perlu melewati Kartasura.

Untuk menuju Kec. Cepogo, arahkan kendaraan ke jalur menuju Ketep Pass. Sedangkan untuk menuju Candi Lawang, alangkah baiknya kalau bertanya kepada warga. Walau ada beberapa papan petunjuk arah ke candi, tetap saja kami menghabiskan waktu 30 menit untuk tersasar di Dusun Gedangan.

11. CANDI SARI

Candi sari juga menjadi salah satu objek wisata Boyolali yang menawarkan nilai sejarah masa lalu. Candi ini berada di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Boyolali. Candi Hindu ini kali pertama ditemukan sekitar 1967. Bukit tempat Candi Sari berada dipercaya sebagai sumber mata air yang penting bagi kehidupan warga sekitar. Situs sejarah itu dikeramatkan oleh warga.

Candi Sari dikelilingi beberapa desa yang warganya masih memegang kepercayaan dan menjaga kelestarian bangunan. Desa yang mengelilingi antara lain Candirejo, Candisari dan Josari. Candi Sari berlokasi di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo. Candi Sari merupakan sebuah candi Hindu yang lokasinya berada di atas bukit.

12. AGROWISATA SAPI PERAH CEPOGO

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Boyolali merupakan salah satu daerah penghasil susu sapi, nah salah satu kawasan agrowisata yang bisa anda kunjungi adalah di daerah Cepago. Wilayah di Cepogo ini dijadikan agrowisata penghasil susu sapi terbesar di Boyolali, tidak sedikit sapi perah yang ada di tempat ini dipelihara untuk diambil susunya, wisatawan yang datang ke tempat ini juga cukup banyak selain untuk melihat proses memerah susu sapi mereka juga dapat menikmati susu segar di tempat tersebut.

13. AIR TERJUN SEMUNCAR

Masih ada lagi air terjun di Boyolali yang menarik untuk kita kunjungi, lokasinya memang agak tersembunyi, tepatnya ada di Timur lereng Gunung Merbabu atau persisnya terletak di Desa Candisari, Kecamatan Ampel, Boyolali dan hanya berjarak 10 km dari Kota Ampel.

Objek wisata Boyolali ini dikelola sendiri oleh karang taruna dan pegiat alam Desa Candisari, jadi dijamin biaya masuknya gak akan mahal-mahal; kamu cukup membayar Rp.3000 untk menikmati kesegaran air terjun Semuncar.

Ada dua jalur untuk mencapai air terjun ini, pertama anda melintasi area perkebunana warga sekitar, sedangkan yang kedua melewati jalur Sungai Cipendok. Jalur kedua ini cukup terjal dan dipenuhi batu-batu besar, mungkin anda sebaiknya memilih jalur pertama.

14. TIKUNGAN IRUNG PETRUK

Tikungan Irung Petruk merupakan sebuah nama tikungan Jalur Wisata Borobudur-Selo-Solo yang terletak di Desa Genting, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali sama dengan nama tikungan yang berada di Kabupaten Gunungkidul. Tikungan Irung Petruk dikenal sebagai tikungan yang tajam, sempit, dan cukup berbahaya.

Disini anda bisa mencoba olahraga yang menguji adrenali, Flying Fox yang panjangnya mencapai 300 m dan lintasan pendek sejauh 200 meter. Dengan ketinggian sekitar 25 meter, para pengendara kendaraan yang kebetulan melewati area ini banyak yang tertarik untuk mencobanya.
Jika anda tertarik untuk mencobanya, biaya yang dikenakan hanya Rp 30.000,- saja.

Lalu, Bagaimana untuk bisa kita menuju Homestay Merapi ? Berikut kami informasikan sebagai panduan dari berbagai alternatif perjalanan untuk bisa menuju ke Homestay Merapi kami, Yuk kita simak :

PANDUAN JARAK MENUJU KAMPUNG SELO DESA SAMIRAN, HOMESTAY MERAPI

1. Bandara Adi Sumarno ke Selo, Samiran Berjarak = 40.2 KM

2. Bandara Adi Sucipto ke Selo, Samiran Berjarak = 58,2 KM

3. Bandara Ahmad Yani Semarang ke Selo, Samiran Berjarak = 85,1 KM

4. Boyolali ke Selo, Samiran Berjarak = 19,2 KM

5. Stasiun Tawang ke Selo, Samiran Berjarak = 85,8 KM

6. Stasiun Tugu Yogyakarta ke Selo, Samiran Berjarak = 52,5 KM

7. Stasiun Solo Balapan ke Selo, Samiran Berjarak = 45,2 KM

8. Kota Magelang ke Selo, Samiran Berjarak = 37,6 KM


Demikianlah rekomendasi yang bisa kami berikan, yuk segera datang ke homestay kami, dengan senang hati akan kami pandu jika para wisatawan akan berkunjung ke tempat tempat diatas.